Thursday 30 March 2017

Cara Menghemat Kuota Internet Di Smartphone

Brodendy - Di zaman ini kita sudah mengenal yang namanya internet, dan untuk mengakses internet harus menggunakan kuota khususnya yang tinggal di negara indonesia ini. internet menjadi kebutuhan primer bagi hampir dari semua kalangan usia dan profesi. Kalo belum kenal berarti sobat bro seorang yang Gaptek (Gagap Teknologi).

Memang terkadang  kuota itu bisa sangat boros tanpa kita sadari penyebabnya memang bermacam macam ada yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja, yang di sengaja contohnya sobat melihat video youtube padahal sedang menggunakan kuota untuk menontonya dan yang tidak di sengaja adanya aplikasi latarbelakang di smartphone anda yag bergerak dan menyedot kuota secara perlahan tanpa kita ketahui. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa sobat bro lakukan di smartphone sobat bro agar kuota internet sobat tidak mudah habis atau kata istilah orang tua ya BOROS! hihih.

Berikut Cara Menghemat Kuota Internet Di Smartphone :

1
Matikan Data saat sedang tidak di perlukan

Cara ini ampuh juga loh cukup matikan data saat tidak di perlukan saja misal anda ingin pergi saat ingin melakukan perjalan matikan data selulernya ini akan menghemat kuota. dan lakukan cara ini sesering mungkin agar kuota tetap hemat.

2
Matikan Opsi Sinkronisasi yang tidak diperlukan 

Cara menonaktifkan opsi sinkronisasi cukup mudah yaitu dengan cara membuka menu Settings > Accounts > Lalu pilih akun yang tidak ingin digunakan. Cara ini Ampuh untuk menghemat kuota internet. Karena fitur sinkonrisasi yang sudah anda matikan tidak akan tersambung dengan jaringan internet.

3
Gunakan Browser Chrome Dibandingkan Browser lain

Nah loh kenapa harus pake Chrome? Karna dengan menggunakan browser Chrome, Sobat bro dapat memotong pengunaan kuota internet di smartphone sobat bro. Caranya dengan mengaktifkan fitur Data Server lalu silakan pilih menu setting > Data Saver > ON. Dengan mengaktifkan Data Sever, Fitur ini  akan mengkompresikan kuota internet anda mencapai 50% , Mantap Kan?

4
Mengidentifikasi aplikasi yang di klaim menyedot banyak kuota

Aplikasi-aplikasi di dalam smartphone memang di buat untuk memberi para pengguna mudah dalam melakukan hal apapun. Hanya saja tidak sedikit aplikasi yang ternyata memang menguras banyak kuota. Untuk itu mengetahui aplikasi mana saja yang menyedot banyak kuota, Anda bisa lakukan Settings > Data Usage lalu scroll ke bawah hinga anda menemukan pilihan, uinstall aplikasi tersebut. Anda boleh mengganti aplikasi tersebut dengan aplikasi yang baru dengan fungsi yang serupa dengan aplikasi yang terdahulu namun lebih irit kuota

5
Batasi kuota pada aplikasi tertentu dan batasi juga updatean aplikasi

Memang ada beberapa aplikasi yang memiliki pilihan mengsinkronisasikan dan opsi penggunan datanya sendiri, dan anda harus bisa meanfaatkan kedua opsi yang ini. Google Photos Misalnya, Contoh aplikasi yang satu ini ingin anda batasi penggunaan kuota datanya, Sobat bro bisa melakukan pembatasan kuota data dengan cara memasukan ke menu setting > backup dan sync kemudian lihat opsi penghemat data.

Terkadang Aplikasi juga perlu Update dan lebih menjengkelkan aplikasi ini di update secara otomatis ketika memang ada updatean. proses update seperti ini memang memakan banyak kuota data yang tidak sedikit tentunya apalagi bagi aplikasi aplikasi yang memiliki MB yang cukup besar pastinya saat update pun akan menyedot banyak kuota, namun tenang saja ini dapat di atasi dengan cara mengubah unduhan/updatean menjadi wifi only mengaktifkan opsi ini dengan cara pilih menu setting > Auto-Update Apps > Auto-Update-Apps Over WiFi Only. Yang fungsinya updatean akan berjalan ketia anda menggunakan wifi saja


Sekian dari saya semoga bermanfaat dan bisa menghemat kuota para sobat bro Terimakasih atas waktu 5 menit berhaga kalian. Terimakasih
Previous Post
Next Post

post written by:

4 comments:

  1. kalau saya browser pakenya opera mini..lebih hemat data..beneran deh! sampe 90 %

    ReplyDelete
  2. pakai opera tanpa gambar lebih hemat biasanya

    ReplyDelete
  3. nomer 4 gan ane jarang ngelakuin nya hihi :'v btw thanks for info :)

    ReplyDelete
  4. Wah ane baru tau neh kalau data quata bisa di perhemat, ane coba dulu ya gan tutorial nya

    ReplyDelete